Seleksi Curriculum Vitae (CV) atau resume adalah tahap penilaian
pertama sebuah perusahaan terhadap Anda, para pencari kerja. Ingatlah
bagaimana resume yang selama ini Anda punya. Sudahkah cukup baik dan
menarik bagi (calon) pimpinan Anda? Jadikan Anda layak menempati posisi
yang ditawarkan dengan tips berikut ini.
1. Data pribadi yang lengkap dan benar
Data pribadi adalah hal pertama yang ingin diketahui pihak
perusahaan. Berikanlah data Anda secara lengkap, seperti nama, alamat,
dan nomor telepon. Kesalahan nomor telepon, misalnya, akan menyulitkan
pihak perusahaan untuk menghubungi Anda. Akibatnya, kesempatan wawancara
bisa terlewatkan.
2. Informasi yang relevan
Saat menulis resume, ingatlah selalu bahwa pemimpin perusahaan hanya
ingin mengetahui informasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Setiap
menulis resume, tanyakan diri Anda: apakah fakta yang ditulis akan
membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan? Bila jawabannya
“tidak”, jangan tulis fakta tersebut dalam resume Anda
.3. Fokus pada prestasi, bukan hanya tanggung jawab pekerjaan
Tulislah prestasi Anda dalam angka-angka ketimbang hanya menulis
tanggung jawab pekerjaan. Misalnya, tulislah “mengurangi 30% waktu
penyelesaian laporan” ketimbang menulis “membuat laporan”. Frasa pertama
terlihat lebih kuat karena membuat Anda tampak lebih baik di mata pihak
perusahaan. Perlu diingat, jelaskanlah prestasi Anda dalam kalimat
singkat dan padat. Penjelasan dengan paragraf panjang membuat pemimpin
perusahaan tak tertarik membacanya.
4. Gunakan gaya bahasa yang tepat
Menggunakan gaya bahasa yang tidak tepat membuat pihak perusahaan
menganggap Anda tidak serius membutuhkan pekerjaan. Karena itulah,
gunakan gaya bahasa yang resmi. Jangan gunakan bahasa yang biasa Anda
gunakan untuk chatting, atau mengirim pesan singkat.
5. Baca kembali resume
Baca sendiri resume Anda untuk mengetahui berbagai kesalahan yang
mungkin Anda lewatkan. Lalu, minta orang lain untuk membacanya dan
memberi pendapat. Jangan hanya bergantung pada pemeriksa ejaan otomatis
karena perangkat tersebut tidak bisa secara akurat mengetahui kesalahan
bahasa (grammar mistakes).
Mulailah menyusun resume yang dicari perusahaan
sumber : www.karir.com
Komentar
Posting Komentar