Keterampilan yang terasah sangat berguna untuk mempertahankan posisi,
kenaikan jabatan, dan membuka kesempatan Anda untuk berkembang menjadi
lebih baik lagi. Untuk itu diperlukan usaha untuk mengasah keterampilan
(skill), seperti beberapa langkah di bawah ini.
1. Mengikuti kursus
Ada banyak pilihan kursus yang bisa diambil di berbagai perguruan tinggi, universitas, dan institusi swasta. Anda bisa menemukan kursus apapun yang menunjang karir. Misalnya, kursus administrasi perkantoran tepat bagi sekretaris untuk mengasah keterampilan dalam bekerja. Sedangkan, penguasaan bahasa asing adalah keterampilan yang baik dan dapat diterapkan di berbagai jenis karir.
2. Memilih pendidikan formal
Mengenyam kembali pendidikan formal adalah pilihan baik untuk mengembangkan karir Anda. Gelar akademik akan membantu Anda meraih jabatan yang lebih tinggi. Tetapi, pastikan Anda dapat mengatur waktu antara bekerja dan kuliah karena pendidikan formal menuntut banyak waktu dan tenaga.
3. Menghadiri seminar
Perluas pengetahuan Anda dengan menghadiri seminar yang berhubungan dengan bidang pekerjaan. Temukan jenis seminar yang tepat bagi pengembangan karir Anda, dan daftarkan diri. Biasanya, ada biaya yang harus dibayarkan untuk menghadirinya. Karena itulah, siapkan sejumlah uang sebelumnya.
4. Manfaatkan pelatihan dari kantor
Ikuti pelatihan untuk karyawan yang diberikan secara gratis dari kantor Anda. Saat mengikuti pelatihan, berkomunikasilah dengan para peserta lain yang pekerjaannya tak langsung berhubungan dengan Anda. Jaringan pertemanan membuat Anda bisa bertukar pikiran.
1. Mengikuti kursus
Ada banyak pilihan kursus yang bisa diambil di berbagai perguruan tinggi, universitas, dan institusi swasta. Anda bisa menemukan kursus apapun yang menunjang karir. Misalnya, kursus administrasi perkantoran tepat bagi sekretaris untuk mengasah keterampilan dalam bekerja. Sedangkan, penguasaan bahasa asing adalah keterampilan yang baik dan dapat diterapkan di berbagai jenis karir.
2. Memilih pendidikan formal
Mengenyam kembali pendidikan formal adalah pilihan baik untuk mengembangkan karir Anda. Gelar akademik akan membantu Anda meraih jabatan yang lebih tinggi. Tetapi, pastikan Anda dapat mengatur waktu antara bekerja dan kuliah karena pendidikan formal menuntut banyak waktu dan tenaga.
3. Menghadiri seminar
Perluas pengetahuan Anda dengan menghadiri seminar yang berhubungan dengan bidang pekerjaan. Temukan jenis seminar yang tepat bagi pengembangan karir Anda, dan daftarkan diri. Biasanya, ada biaya yang harus dibayarkan untuk menghadirinya. Karena itulah, siapkan sejumlah uang sebelumnya.
4. Manfaatkan pelatihan dari kantor
Ikuti pelatihan untuk karyawan yang diberikan secara gratis dari kantor Anda. Saat mengikuti pelatihan, berkomunikasilah dengan para peserta lain yang pekerjaannya tak langsung berhubungan dengan Anda. Jaringan pertemanan membuat Anda bisa bertukar pikiran.
sumber : www.karir.com
Komentar
Posting Komentar